RENOVASI MESJID SMA NEGERI 3 SUKABUMI

PROYEK PROPOSAL

RENOVASI MESJID AL MUKHTAR

SMA NEGERI 3 SUKABUMI

CIAUL BARU KELURAHAN SUBANG JAYA

KOTA SUKABUMI

A.MUQODIMAH
Masjid Al Mukhtar sejak pertama diresmikan penggunaannya telah menjadi pusat kegiatan keislaman dan mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan dakwah Islam.  Selain fungsinya sebagai sarana tempat ibadah (sholat ), masjid  Al Mukhtar juga berfungsi sebagai sarana menanamkan nilai – nilai islam kepada civitas SMA Negeri 3, khususnya siswa muslim dan berpengaruh sangat signifikan terhadap proses pembentukan moral. Di masjid  Al Mukhtar inilah berbagai kegiatan pelatihan dan kajian keislaman dilakukan, dan secara intensif berlangsung kegiatan pendampingan mata pelajaran agama Islam dan pembinaan keimanan dan ketaqwaan(imtaq) setiap Jum’at pagi bagi seluruh siswa SMA Negeri 3. Dari kegiatan masjid  Al Mukhtar inilah telah banyak dilahirkan siwa-siswi muslim yang berkomitmen tinggi pada nilai moral dan berkemampuan melakukan perubahan masyarakat.
Seiring perkembangan waktu, jumlah civitas muslim di  SMA Negeri 3 dari tahun ketahun semakin meningkat. Saat ini dikampus terdapat sekitar 1140 siswa dan 110 guru dan karyawan jumlah tersebut belum ditambah dengan masyarakat di lingkungan Ciaul Baru. Untuk merespon antusiasme jamaah yang sedemikian tinggi terhadap aktivitas spiritual yang diselenggarakan di Masjid  Al Mukhtar, melimpahnya jumlah jamaah menjadikan kepengurusan masjid terintegrasi dengan masyarakat sekitar sekolah.

Kondisi pembangunan mesjid saat ini diperkirakan baru mencapai tahap 70%, disamping itu saat ini telah terjadi berbagai kerusakan fisik bangunan masjid karena terkena imbas Gempa Tasikmalaya Jawa Barat September 2009. Banyak sekali atap yang bocor, kondisi eternit banyak yang jebol, genting banyak bergelombang dan pecah disebabkan oleh kelabilan penopang atap. Karena dikhawatirkan akibat kerusakan berbahaya bagi jamaah, maka timbulah ide atau gagasan untuk segera dilakukan renovasi khususnya bagian atap masjid  Al Mukhtar  SMA Negeri 3, yang diharapkan akan terciptanya kondusivitas masjid sebagai pusat kegiatan keislaman yang melahirkan civitas muslim yang berdedikasi dan kompeten.
Sehubungan dengan sangat besarnya peran serta dan kontribusi masjid  Al Mukhtar  SMA Negeri 3 terhadap perkembangan dakwah islam selama ini, baik di internal kampus  SMA Negeri 3 pada khususnya maupun diwilayah Sukabumi pada umumnya, maka sudah selayaknya tanggung jawab program renovasi masjid  Al Mukhtar  SMA Negeri 3 ini bukan hanya menjadi tanggung jawab civitas akademika  SMA Negeri 3 saja melainkan menjadi tanggung jawab dari semua pihak yang tetap peduli terhadap perkembangan dakwah Islam dimuka bumi ini.

B.LANDASAN
“Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Alloh, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka. Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Alloh ialah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Alloh, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang medapat petunjuk” (QS. At Taubah : 17 – 18).

C.TUJUAN

v    Menyediakan tempat ibadah yang representative bagi civitas SMA Negeri 3 Sukabumi dan masyarakat Ciaul Baru.

v    Sebagai pusat syiar agama Islam di  SMA Negeri 3 dan Ciaul Baru

v    Menyediakan tempat ibadah yang multifungsi, yaitu selain sebagai tempat melakukan ibadah sholat, juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas sosial keagamaan, berdiskusi tentang berbagai permasalahan umat, tempat menuntut ilmu agama, serta berbagai aktivitas keagamaan lainnya.

v    Meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan pembinaan mental siswa dan masyarakat sekitar  SMA Negeri 3

D.SUSUNAN KEPANITIAN
Penasehat              : Wali Kota Sukabumi

: Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi

: Kepala SMA Negeri 3 Kota Sukabumi

: Camat Cikole

: Lurah Subang Jaya

Ketua Pelaksana     : Ust. H. Djunaedi (Ketua DKM)

Sekretaris              : Olih Solihudin, SS

Bendahara             : Dra. Nenden Eka Padmasari

Anggota                : Drs. Endan Sukanda

Drs. Asep Burdah

Drg. Suhendro Rusli

Rohana

Abdur Rojak, S.Ag.

Drs. Ucep

Tim Penggalian Dana       :Seluruh Pengurus DKM Al Mukhtar

E. ESTIMASI ANGGARAN

Berdasarkan hasil  peninjauan dan perhitungan dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Sukabumi atas kerusakan akibat gempa Tasikmalaya Jawa Barat maka estimasi anggaran biaya terhitung Rp. 71.837,000,00 (Tujuh Puluh Satu Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Rupiah)

(Perincian terlampir)
F. KHOTIMAH
Demikian proposal renovasi masjid ini kami buat. Semoga bisa memberikan gambaran kepada Bapak/Ibu tentang kegiatan yang akan kami lakukan. Kami mengharapkan bantuan moril maupun materil dari berbagai pihak agar rencana renovasi ini dapat dilaksanakan dengan baik. Kami menyadari bahwa proposal ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Sukabumi, 20 Oktober 2009
Panitia Renovasi Masjid  Al Mukhtar
Ketua,                                                                Kepala SMA Negeri 3 Sukabumi

Ust. H. Djunaedi                                         Drs. Riskardjo M.Si.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s