Gaji Guru naik 100% ?


Hore! Gaji Guru Naik 100 Persen

Ternyata?

Berbahagialah bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur  bersinar lagi. Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru pada 2009 hingga 100 persen. ( Selasa, 21 Oktober 2008: Kompas.Com)

Membaca kalimat diatas, siapa yang tak terperangah, ada yang heran dan bertanya “Kenapa Guru Naik, Kami Tidak ?” Kata PNS non-grur. Ada yang berbinar-binar seperti penulis sendiri yang kebetulan guru, walaupun hanya diapresiasi dengan senyum sambil penuh tanya dalam hati, “Benar atau tidak?

Paling tidak sebaris kalimat itu telah melambungkan angan-angan kami(Baca:Guru) untuk menerawang apa jadinya jika itu menjadi kenyataan. Beberapa teman sesame guru berseloroh, ada yang akan ganti motor yang udah butut karena dimakan usia, ada yang mau coba cari rumah BTN(Bayar Tapi Nyicil) karena setiap tahun dihantui harus bayar kontrakan atau karena tak enak serumah terus dengan mertua. Bahkan teman kami yang nota bebe ustadz berangan-angan sambil menghitung tabungan 2 tahun yang akan datang, “Insya Allah Naik Haji 2 tahun lagi,” katanya.

Bagi saya yang kebetulan juga beristrikan guru, layaknya pengantin baru bergurau kesana-kemari, jika seandainya betul gaji itu akan naik 100%. Harap-harap cemas pasti ada(H2C), menunggu bulan Januari 2009.

Angan-angan dan harapan itu buyar, ketika kami mengikuti “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis bagi penyelenggara Sekolah Bertaraf Internasional” tanggal 31 Oktober yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 dan SMA Hayatan Tayyibah. Pada kesempatan itu dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. Sanusi Hardjadiredja, M.Pd. menyampaikan berbagai informasi, termasuk kenaikan gaji guru yang banyak disalah tafsirkan. Ternyata kenaikan 100% itu hanya bagi guru yang telah lulus sertifikasi. Sementara untuk lolos sertifikasi itu masa kerja PNS-nya minimal 16 tahun bagi guru SMA di Kota Sukabumi.

Jadi! Yah sudah kabur lagi angan-angan itu. Tetapi mudah-mudahan tidak membuyarkan semangat teman-teman seperjuangan yang belum masuk daftar urut sertifikasi.

Wallahu A;lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s